Nyepi edisi 2018: Pengalaman Unik

Di tempat lain, beberapa ruas jalan Provinsi Denpasar - Gilimanuk juga macet, bahkan di pelabuhan gilimanuk juga macet ber jam-jam.

Hari Raya Nyepi 2018 sekitar 2 minggu yang lalu memang unik, dan ini adalah kali pertama saya gak berada di Bali dari 5 tahun sebelumnya yang selalu ikut nyepi di Bali, tapi tahun ini saya menemukan 3 keunikan dari tahun-tahun sebelumnya 😀

Pas hari Raya Nyepi kemarin saya berada di kota Solo, soalnya ngurusin adek di pesantren.

Penurunan Kualitas Internet

Jadi Nyepi kali ini selama sehari internet dan listrik disebutkan akan dimatikan, sehingga katanya mobile internet masyarakat gak bisa terhubung ke internet, adapun untuk fasilitas pemerintah, rumah sakit dll bakal terus terkoneksi ke internet.

Nyatanya itu gak sepenuhnya benar, karena beberapa teman saya ada yang bisa konek dan ada yang gak bisa, gimana caranya supaya bisa? rahasia :mrgreen:

Pada eksodus keluar Bali

Saat Nyepi kemarin, ternyata parkiran bandara dan bandara itu sendiri sangat penuh luar biasa, kalo parkir tingkat di bandara Ngurah Rai kemarin begitu penuh, dan di dalamnya begitu sumpek sampai-sampai gak kebagian tempat duduk di ruang tunggu penumpang.

Waktu cek-in iseng nanya ke petugas, tumben rame ya mbak, dijawab: “Mau nyepi soalnya, tiap tahun juga gini kok”, oohhh… 🙄

Di tempat lain, beberapa ruas jalan Provinsi Denpasar – Gilimanuk juga macet, bahkan di pelabuhan gilimanuk juga macet ber jam-jam.

Di Jogja ketemu Orang Bali juga

Hari raya Nyepi kemarin juga termasuk libur nasional, Indonesia memang negara yang Toleran. Makanya itu pas hari sabtu jalan-jalan ke Jogja, wahh.. disanya ketemu beberapa orang asli Bali juga yang liburan ke Jogja, malah salah dua dari mereka menginap di dekat bandara untuk ikut penerbangan pertama ke Bali, barengan gitu ternyata satu pesawat.

Saya tanya “Liburan mas?”, dia jawab “Iya, kalo di Bali sekarang kan sepii… ini juga besok pagi langsung balik kesana”.

Nyepi yang berbeda akan menghadirkan pengalaman yang berbeda pula, okelah sip 😉

MnM

Iklan

Ditandai:

Komen gak Komen tetap Thank you

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: