Kode OTP di Tokopedia: Antara Ribet atau Aman

z-otp-6
Halo bro semua 😀 , Tokopedia sebagai penyedia layanan “Pasar online” terpopuler saat ini mungkin jadi banyak dikecam para pelanggan setianya, penyebabnya adalah karena kode OTP alias One Time Password.
Fitur ini secara teknis disebut sebagai fitur keamanan bawaan untuk memastikan pengguna yang login adalah pengguna yang sebenarnya. Nah, lalu gimana kalo pengguna yang sebenarnya malah gak bisa login??
z-otp-1
Hal ini jadi Rumit dan ribet, niatnya mau aman tapi yang ada malah ribet, bila kita menengok laman resmi facebook Tokopedia, maka setiap posting Tokopedia akan diisi oleh misuh-misuh komplain tentang kode OTP 😆
Cara kerja kode OTP adalah dengan mengirim kode 6 digit ke nomer hape pengguna yang bersangkutan, kode OTP akan diminta saat pengguna berhasil login dari perangkat yang tidak dikenal sebelumnya.
z-otp-2
Permasalahan tersering yang terjadi berkaitan dengan nomer hape adalah Nomer hape yang gak lagi dipakai, sehingga kalo kode OTP dikirim, maka kodenya akan muncul di alam antah berantah.
Masalah lain berkaitan dengan Sistem yakni ketika kode OTP tidak kunjung masuk ke hape, jelas bikin pengguna jengkel dan frustasi sambil melototin nomer hape, bingung… apalagi kalo lagi terburu-buru.
z-otp-3
Kegagalan sistem kode OTP yang saya dapati malah lain lagi, seperti terlihat pada gambar-gambar di tulisan ini, walaupun login dari laptop yang sama setiap hari, selalu dimintai kode OTP, udah gitu sampainya 3 – 5 menit lagi, sebel banget dah.
Yeah, moga aja Tokopedia bisa berbenah agar menjadi lebih baik. Kode OTP ini bikin dilematis karena walaupun aman, tapi malah bikin ribet 😉
MnM
z-otp-4

2 Responses to “Kode OTP di Tokopedia: Antara Ribet atau Aman”
  1. Regi October 30, 2016
  2. Hermawan - MivecBlog.com October 30, 2016

Leave a Reply

%d bloggers like this: