Iklan
Beranda > MotoGP > Winglet di MotoGP Bikin Desain Motor jadi Jelek: Bikin Gampang Jatuh juga??

Winglet di MotoGP Bikin Desain Motor jadi Jelek: Bikin Gampang Jatuh juga??

z andrea dovi le mans

Halo bro semua 😀 , Winglet di MotoGP kini tengah disoroti, terutama semenjak dua seri lalu Ducati memakai lebih banyak porsi winglet di motornya, bayangin aja… sampai tiga tumpuk, bentuknya unik bersayap dan bersirip, lucu…

Yang paling heboh dengan Winglet sepertinya ada di Ducati seperti pada gambar diatas, terdiri dari dua pasang, tiap sayap terdiri dari tiga tumpuk: melebar ke samping, keatas dan bagian bawah agak serong.

Fungsi winglet sendiri konon untuk meningkatkan aerodinamis dan downforce, sehingga grip meningkat untuk pengereman tingkat tinggi, tapi saya punya pendapat lain, winglet tersebut juga bisa meningkatkan resiko crash, kok bisa??

zdovi winglet

Winglet tersebut memberikan lebih banyak downforce di depan, sehingga memberikan lebih banyak tekanan ke ban depan saat menikung, sehingga grip lebih berkurang, tapi ini hanya dugaan saja, Insinyur Ducati tentu jauh lebih pintar dari saya :mrgreen:

Kini winglet tersebut banyak diejek terutama oleh netizen Indonesia, sebutan pesawat tempur perang dunia ke-2, gantungan belanja sampai burung gak bisa terbang sudah jadi hal yang gak ngenakin, Ducati yang biasanya menghadirkan motor berdesain mewah, elegan dan futuristik malah membuat winglet konyol yang merusak estetika.

z marc winglet

Tapi sepertinya itu gak masalah bagi Ducati, toh cuma motor prototype saja, lagian tujuannya kan untuk menang, 3 dari 4 balapan Dovi memang adalah ketidakberuntungan, tapi gimana dengan Iannone?

Kini semua pembalap top 10 dan hampir semua motor pada pake Winglet di Motornya, beberapa pembalap yang nolak Winglet seperti Rossi dan Pedrosa pun pada akhirnya pakai Winglet juga, meskipun kecil sih ➡

z pedrosa winglet

Khusus Yamaha menggunakan winglet model Lele, lalu Marc menggunakan model sirip kecil tiga pasang, kalo Pedrosa cuma sepasang dan kecil sangat, seperti gak niat, motor pun tetep keren 😎

Pengembangan Winglet memang bukan perkara mudah dan murah, disaat regulasi mesin terlalu ketat, maka inovasi di sektor ini begitu diperhitungkan, ada kemungkinan mulai tahun depan Winglet bisa saja dilarang 😉

MnM

Iklan
  1. Rosikhin
    17 Mei 2016 pukul 9:06 AM

    Balap motpgp semakin gak realistis aturanya bikin penonton jadi marah dan kacau, kok tidak kenapa Wingslet di perbolehkan yg banyak membawa resiko kecelakaan tetapi untuk mesin di segel…peraturan spa itu …seharusnya Dorna di Demo dan lengserkan saja… Jelas Mematikan potensi teknisi untuk berkreasi…

  1. No trackbacks yet.

Komen gak Komen tetap Thank you

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: