Iklan
Beranda > InterMezo > Waspada Penipuan di ATM: Modus Tukar Kartu dan Minta PIN

Waspada Penipuan di ATM: Modus Tukar Kartu dan Minta PIN

kartu ATM disumbat (1)

Halo bro semua 😀 , beberapa hari terakhir di facebook muncul beberapa postingan viral baik itu berupa gambar dan video berkaitan dengan Penipuan di ATM yang begitu marak terjadi, penipuan ini menggunaan trik khusus dengan modus menukar kartu.

Misalnya di postingan ini

__________________________________________

Penipuan ATM Mandiri Cabang Alfamidi Damkar, Cilegon.

Langsung aja ya ane ceritain knologinya dari awal.

sekitar jam 19.40an hari ini rabu 20 januari 2016 ane dan bokap ane ke alfamidi damkar dan langsung menuju ATM mandiri buat melakukan transaksi.

semuanya keliatan normal-normal dan biasa aje pada saat ane masuk alfamidi. nah, disitu posisinya ada satu nasabah (PELAKU1) yang sedang melakukan transaksi di ATM mandiri, doi keliatan sibuk dengan kertas-kertas transaksi, dan ane ga terlalu merhatiin juga karna pada saat itu, ane ga ada curiga sama sekali. ngantrilah ane di belakang nih nasabah. btw ni pelaku pake topi gitu dan kemeja dan tas selempang.

setelah nasabah(PELAKU1) ini selesai dengan transaksinya, ane dan bokap ane langsung coba masukin kartu atm ATM ane, dan anehnya kartu ane kagak bisa masuk, heran dong ane, disini jujur ane sama sekali ga tau kalo udah masuk modus penipuan si doi, kemudian si nasabah (PELAKU1) barusan balik lagi DENGAN MODUS NGAMBIL KERTAS-KERTAS TRANSAKSI DI ATAS MESIN ATM sambil nanyain “pak kenapa pak, kartunya gabisa masuk ya, coba sini saya bantu.” bokap ane dan ane cuma nontonin aja tuh orang coba masukin kartu ane, ke mesin atm, doi juga coba masukin kartu punya doi dan ga ada masalah kayak kartu ane ketika masukin tuh kartu.

ni orang seenaknya gitu dan agak arogan dan terburu-buru kalo ane bilang, tp ane dan bokap ane liatnya ni orang mau bantu jadi ane dan bokap ane ga curiga dan diem aja.

pada saat ini yang terasa janggal, nih orang maksa masukin kartu ane, sampe-sampe ngedorong kartu ane dengan kartu punya doi sampe masuk dan gabisa diambil dan akhirnya kartu ane nyangkut dan kagak masuk ke tuh mesin. nih orang beres bantu langsung cabut entah kemana, disini ane udah curiga dan waspada. akhirnya ane sempet binggung coba pencet cancel kagak bisa keluar ni kartu.

beberapa menit kemudian dateng satu orang(PELAKU2) lagi yang bantuin ane dan bokap ane, awalnya dia ramah nanyain “udah pak transaksinya?” dsbnya, kemudian ane bilang “nyangkut mas kartunya” kemudian dengan nada yang biasa banget si orang ini bilang coba aja “pencet tombol “correction” sama tombol “cancel” berbarengan ditambah PIN mas, nanti bisa mental sendiri kartunya.”

pada saat itu ane langsung sadar ini gue jadi TARGET OPERASI PENIPUAN. posisinya bokap ane udah mau ngelakuin yang pelaku itu bilang, tp ane cegah, dan ane langsung nelfon call center buat minta blokir aja. pada saat itu ane sebenernya mau ngehantem ni penipu, cuma ane takut ni penipu bawa LEBIH DARI 1 ORANG., akhirnya ane fokus supaya duit ane kagak ludes di ambil ni orang.

setelah orang(PELAKU2) tau gw kagak nulis pin, dia langsung ke atm sebelah mandiri dan dan ngambil duit abis itu cabut.

gw ama bokap gw sibuk blokir kartu gw dan lapor petugas alfamidi.
______________________________
DISINI YANG LU SEMUA PERLU TAU.
______________________________
selang beberapa menit, petugas beneran dateng benerin tuh atm, dan setelah di bongkar ternyata kartu yang nyangkut ITU BUKAN KARTU GUE!

tuh maling(PELAKU1) sempet nuker kartu gw pas dia coba bantu masukin kartu gw ke Mesin ATM, dan ternyata di Port ATMnya dia ganjel PAKE putung korek, dan kartu punya si maling bisa masuk waktu di awal menurut asumsi gw tuh kartu udah di ubah ukuran lebarnya supaya bisa pas masuk di portnya dan dapet ngeyakinin korban pas lagi modus.

disitu akhirnya gw ngobrol sama petugas dan dia bilang ini lagi happening gitu, mulai pelabuhan sampe ke alfamidi grogol. bahkan doi cerita di grogol ibu-ibu ludes 45JUTA dengan modus yang sama.

dan selagi mas-mas itu benerin mesin ATM, dia dapet panggilan kalau Mesin atm di daerah grogol ada masalah lagi. dan menurut asumsi gw tuh orang udah beraksi lagi dalam selang waktu kurang dari 30 MENIT.
__________________________________________

Sumber: https://www.facebook.com/cuuiihcuihh.sms/posts/10201382658324877

kartu ATM disumbat (2)

Nah, dikesempatan yang sama juga ada yang seperti ini, simak video baik-baik, yang perempuan tidak sadar bahwa kartunya sudah ditukar

__________________________________________

Ulasan trik ini melibatkan beberapa pelaku, begini skenario nya

  1. Pelaku 1 bertugas menyumbat ATM dan pergi
  2. Korban memasukkan kartu ke mesin ATM, tapi gak bisa dan nyangkut
  3. Pelaku 1 /Pelaku 2 (tergantung situasi) kembali ke mesin dan membantu masalah nyangkutnya kartu ATM korban
  4. Di tahap ini adalah proses penukaran kartu ATM korban dan pelaku
  5. Korban akan di “hack” secara sosial agar mengungkapkan nomer PIN nya
  6. Pelaku sudah dapet kartu dan nomer PIN, saatnya tarik tunai
  7. Korban tetaplah Korban, bingung terhadap hal yang sudah terjadi.

Lebih jelasnya dibaca saja artikel dan tonton video diatas 🙄

Trik ini lagi laris dengan artian cukup banyak yang jadi korban

Ada beberapa cara supaya gak jadi korban

  1. Dengan alasan apapun, jangan beritahukan Nomer PIN anda, itu mutlak, sekalipun kepada petugas ATM
  2. Segera telpon CC untuk memblokir kartu bila terindikasi kartu macet atau tertelan.
  3. Bila memungkinkan, foto pelakunya dan sebarkan di medsos

Sekian dulu, silahkan disebarkan supaya lebih banyak yang waspada terhadap ancaman ini, karena targetnya adalah orang awam 😉

MnM

Iklan
Kategori:InterMezo Tag:
  1. 18 Februari 2016 pukul 8:48 AM

    kok do ngono ki duite arep nggo ngopo yo.. opo penak..

  2. xmascious
    20 April 2016 pukul 4:01 PM

    Saya baru aja kena masalah ini.
    Modusnya sama persis (termasuk Clear+cancel dan PIN)
    Bedanya: Saya juga ogah masukkin PIN didepan mereka.
    Tapi ternyata tanpa PIN pun, saldo saya berkurang..
    Rupanya Kartu BRI bisa dipakai berbelanja tanpa PIN kalau nominal dibawah 1 juta (cuma modal tanda tangan)

    Saya tahunya ada kode MCExxxxx ditransaksi terakhir ketika mencetak buku tabungan.

    Untungnya sisa saldo saya tinggal 100k.

    Kesalahan fatal saya adalah:
    TIDAK SEGERA BLOKIR KARTU.
    (Ada jeda sekitar 20mnt, ketika saya galau dan akhirnya memblokir kartu)

    Waspada!

  3. xmascious
    20 April 2016 pukul 4:04 PM

    Oh iya, karena kartu saya ternyata dipakai buat berbelanja (sebesar 100k), saya juga menduga kartu yang nyangkut tsb bukan kartu saya.

    Kalau itu kartu saya, tidak mungkin bisa dia pakai untuk tarik tunai di minimarket.

    Jadi sudah dia tukar, tangannya cepat, udah kayak pesulap saja.

  4. indra
    16 April 2017 pukul 11:19 AM

    Wah sama ama yang saya alami…modusnya sama..pas sy mau blokir kartu…udah ada transaksi 10 jt..sy panik…kok atm kejepit bisa ada transaksi..sy cabut paksa tuh atm yang kejepit…ternyata bukan atm sy…mirisnya sy lapor polisi kurang ditanggapi..dan lagi pas libur panjang…

  1. No trackbacks yet.

Komen gak Komen tetap Thank you

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: