20 Desember 2015: Aturan Baru tentang Bagasi Penumpang Kereta Api

Jpeg

Halo bro semua 😀 , Baru dapet kabar yang berisi kabar alokasi bagasi penumpang kereta api dimana kebijakan ini kurang lebih mengatur seberapa besar sih kapasitas bagasi yang diperbolehkan dan dibawa penumpang Kereta Api, langsung saja ini dicopas dari Tweet PT Kereta Api Indonesia.

Di Quote aja

Mulai 20 Desember 2015, KAI akan menerapkan aturan baru mengenai bagasi di Kereta Penumpang Bagasi dgn

berat maks 20 kg dan volume maks 100 dm3 (dimensi maksimal 70 cm x 48 cm x 30 cm) tidak dikenakan biaya alias gratis.

Barang dgn berat 20-40kg dikenakan biaya 2rb/kg utk Ekonomi PSO, 6rb/kg utk kelas Bisnis &Eko Komersial, 10 rb/kg utk Eksekutif.

Bagi yang volumenya atau dimensinya melebihi ketentuan juga akan dikenakan bea tambahan.

Jika beban bagasi diatas 40 kg, dan volume diatas 200 dm3 maka bagasi tidak dapat dibawa ke KA

Nantinya akan ada alat pengukuran beban dan volume bagasi di stasiun-stasiun

Bila melihat aturan baru tersebut, sepertinya maksimal adalah dimensi ukuran koper sedang dan bobot 20 Kg itu sudah pas, dan diatas tidak disebutkan bahwa itu adalah aturan per penumpang, melainkan aturan per barang (pack) yang artinya selama penumpang itu membawa barang sesuai ketentuan, maka mau bawa 5 asal sesuai ketentuan pun gak masalah… Gitu ya?? :mrgreen:

Bila benar begitu ya sebenernya sama aja boong, tapi itu gak masalah karena bagasi yang makan ruang seperti yang disebutkan itu menyusahkan penumpang lain, setidaknya satu penumpang belum tentu bisa bawa barang bawaan sebanyak itu.

Hmm… Kita lihat saja deh nantinya 😉

MnM

Leave a Reply

%d bloggers like this: