Yamaha MOTIV.e : City Car Keren, Unik dan Futuristik

gordon_murray_design_yamaha_motive_city_car_zytech-13
Halo bro semua 😀 , Tau kah Yamaha MOTIV.e, sebuah city car alias mobil komuter dengan target pasar dan tujuan untuk kawasan perkotaan ternyata dirilis pada akhir bulan Februari 2015 lalu, lakon utama adalah designer mobil Gordon Murray yang punya peran di F1 dan juga dengan McLaren.
Pengembangan MOTIV.e sendiri berlangsung dengan baik, bahkan Murray bilang kalo para Insinyur Yamaha bekerja dengan sangat baik dan sangat menyenangkan bekerja bersama mereka di proyek ini.
Yamaha MOTIV.e sendiri sebelumnya tampil di ajang Tokyo Motor Show tahun 2013 lalu dan masih konsep alias prototip. Secara desain juga keren kok, mobil mini yang berkesan simpel tapi futuristik.
gordon_murray_design_yamaha_motive_city_car_zytech
Mobil ini menggunakan mesin eletrik Zytek yang bertenaga 15 kW (20 hp) dan tenaga puncak nya mencapai 25 kW (33,5 hp), berat keseluruhan hanya 730 kilogram saja sudah termasuk baterei, hal ini juga berkat berat ‘motor’ nya yang hanya 13 kg, lalu gearbox hanya 11 kg dan inverter nya yang hanya 7,5 kg.
Disebutkan bahwa terdapat batere lithium ion 8.8 kWh dengan 7.2 kWh yang bisa digunakan. Kalo dibandingkan dengan smart Fortwo menggendong kapasitas lebih besar yakni 17.6 kWh.
Kemudian untuk performa Yamaha MOTIV.e disebut oleh Yamah sebagai real world yang bisa mencapai lebih dari 100 mile sekali charge atau sekitar 150 km, proses charging selama 3 jam yang menurut saya bisa dibilang punya efisiensi yang mantap 😀
gordon_murray_design_yamaha_motive_city_car_zytech-16
Mobil ini dilaim mampu melaju hingga kecepatan 105 kpj dan untuk sprint dari 0-100 kph hanya dibawah 15 detik, wahh,,,, Blade kalah :mrgreen:
Disebutkan kalo Mobil ini bakal dipasarkan di beberapa negara Eropa, lalu juga Negara Asia khususnya di Negara berkembang, wow… apakah Indonesia juga termasuk?? Moga aja yaa…. oh iya, kabarnya versi Bensin dari mobil ini juga bakal dihadirkan di waktu yang akan datang.

Galeri Yamaha MOTIV.e


MnM

One Response to “Yamaha MOTIV.e : City Car Keren, Unik dan Futuristik”
  1. mas huda March 13, 2015

Leave a Reply

%d bloggers like this: