Menginstall Windows 8.1 64-bit Menggunakan USB Bootable

Windows-8.1-600x411
Halo bro semua 😀 , Mungkin masih banyak yang bingung dalam Menginstall Windows 8.1 Menggunakan USB Bootable, orang awam yang termasuk baru di dunia komputerisasi bakal puyeng begitu tau laptop atau PC yang baru dibeli nya gak bisa jalan dengan normal, dan hanya menggunakan Sistem Operasi DOS.
Tentu saja namanya DOS itu gak GUI sama sekali, sehingga dibutuhkan OS Windows lain, Tapi gimana kalo gak punya slot DVD?? mungkin harus menggunakan DVD Eksternal, tapi itu gak praktis, menggunakan USB Bootable kayaknya lebih bener, oke, kali ini kita akan bahas cara mudah menginstall Windows 8.1 Dengan USB Bootable atau flashdisk.
Saya Asumsikan kalo bro semua udah punya USB Bootlable alias flashdisk dengan OS di dalamnya, Buat yang belum tau cara bikin USB Flashdisk Bootable bisa belajar disini.

Step-by-Step Installasi Windows 8.1 64-bit menggunakan USB Flashdisk Bootable

1. Colok flashdisk bootable ke Laptop/PC yang mau diinstall dan Nyalakan.
2. Kalo flashdisk nya gak terbaca, maka sebaiknya diubah pengaturan BIOS untuk booting pertama dari flashdisk, kalo tetep gak bisa juga, maka di cek tuh flashdisk nya File System nya berformat apa? Bila NTFS, sebaiknya diubah dan diformat ke FAT32, Trus gimana dengan Bootable nya? gampang, File Bootable di copy ke suatu tempat, trus format flashdisk nya, dan File Bootablet nya dicopy lagi ke flashdisk.
3. Setelah Masuk, pilih Bahasa yang akan dipergunakan dan Install Windows 8.1
4. Pilih tipe Windows yang akan diinstall
5. Accept Agreement dan Next
6. Masukkan Serial Number bila diminta (Kadang Serial number diminta menjelang detik-detik pas mau diinstall)
7. Muncul pilihan, antara Express Install atau Advanced, silahkan Pilih Advanced, soalnya kan menggunakan USB Bootable
8. Kita bakal disuruh memilih Drive partisi yang akan digunakan untuk menginstall Windows 8.1 nya, biasanya ada 2-5 Drive, pilih yang paling atas, atau Drive C: , Bila keterangannya tidak bisa diinstall (Muncul pesan gak jelas dsb) langsung baca step 9.
9. Hapus semua drive yang kecil-kecil, hapus unalocated space, Sehingga yang C: otomatis terbuka, bila belum terbuka, silahkan diformat dulu Drive C nya, begitu bisa terbuka. Langsung Next.
10. Maka proses installasi akan berlangsung.
11. Proses Installasi memakan waktu 15 sampai 20 menit,,, lanjut…. lanjut… lanjuttt… :mrgreen:
12. Nanti disuruh milih Username, password dsb, kemudian beberapa pengaturan pertama, terserah mau diisi apa.
13. Selesai
Pengalaman saya menginstall Windows 8.1 Proffesional menggunakan USB Flashdisk Bootable hanya memakan waktu 17 menit di Laptop Asus X200M, kecepatan install tergantung dari kecepatan flashdisk yang digunakan, karena ini berurusan dengan copy-meng-copy file selama proses installasi.
Sory kalo gak ada gambarnya, soalnya gak bisa mengambil screenshot selama Installasi 😉
MnM

Leave a Reply

%d bloggers like this: