Iklan
Beranda > InterMezo > Mengapa Naik bis bisa Mabok Darat?

Mengapa Naik bis bisa Mabok Darat?

maboks (1)

Halo bro semua 😀 , ada apa dengan mabok darat? mabok perjalanan? dan lainnya, pada kenyataanya persentase orang yang mabok darat ini cukup sedikit, kurang dari 10% saja, tapi kasus ini sebenernya cukup menyebalkan baik bagi penderita mabok darat ataupun untuk orang disekitarnya.

Dulunya waktu jaman SD-SMP tuh sering mabok kalo naik bis, terutama kalo naik bis AC, yang saya ingat tuh Siklusnya mulai dari perasaan yang gak enak > perut panas > mulut jadi pahit > agak sesak di perut (opsional :mrgreen: ) > kemudian kepalas terasa berdengung dan selanjutnya terasa ada yang naik di kerongkongan *ambil kresek

maboks (2)

Penyebabnya macem-macem, mulai dari bis yang bergoyang dombret, asap rokok yang menyebalkan, hingga pewangi ruangan yang lebay, bagi Bis AC, dinginnya AC turut berperan dalam mabok darat, Sedangkan pemicu utama adalah perasaan, lalu kondisi kendaraan dan tertular. Pemicu lain adalah munculnya asam lambung, makanya gak jarang bagi orang yang biasa mabok darat minum promag. 😉

Cara terbaik menangkal mabok darat yang paling bagus bagi saya bukan obat anti mabok, kalo menurut saya pribadi adalah minum minuman bersoda untuk melegakkan lambung dan memicu CO2 dari dalam perut hingga sendawa (entah penjelasannya bener atau gak), baik itu Koka kola, seprit, panta dll, asal jangan mijon, pruti, grin ti atau minuman manis lainnya. Solusi lain yang lebih ampuh juga adalah minum Air kelapa muda segar yang efektif untuk menangkal racun yang berpotensi bikin mabok.

Nah, ada lagi yang lain yang lebih enak, Tidur!!, ya tidur aja dijamin gak mabok, tapi repot kalo memang perjalanan jarak dekat, maka ada solusi lain yang lebih greget, yaitu nonton bis balapan seperti artikel disini, kalo memang bis nya cepat dan supinya hebat, maka bukannya kontraksi perut yang terjadi, tapi kontraksi jantung karena deg-degan :mrgreen:

Semoga berguna

MnM

Iklan
Kategori:InterMezo Tag:
  1. Aa Ikhwan
    28 Oktober 2014 pukul 9:45 AM

    krn bis di darat jd maboknya mabok darat :mrgreen:

  2. 28 Oktober 2014 pukul 2:43 PM

    Istri ane ga bisa naek bis, ga nyampe setengah jam pasti udah mabok katanya sih puyeng ngeliat orang banyak,sumpek, bau keringet orang2, bau parfum beraneka macam ama bau solar. Makanya kalo perjalanan jauh lebih milih transportasi selain bis.

  1. No trackbacks yet.

Komen gak Komen tetap Thank you

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: