Beranda > Tips n Trick > Penyebab Aki Motor Soak

Penyebab Aki Motor Soak

Halo bro semuanya, yang dimaksud aki soak adalah aki yang sudah gak bisa dipake lagi alias modar alias lembiru :mrgreen: aki motor baik yang basah atau kering biasanya selalu mengalami soak, aki kering bisa bertahan 1-4 tahun tergantung perawatan, cara berkendara dan keberuntungan 😆 Kalo Blade saya lumayan bisa tahan 2 tahun 10 bulan

Pertama kali aki blade soak pas malem hari, panik motor gak bisa di starter dan bunyi klakson kayak zombie lagi mukulin survivor, serem deh pokoknya *lebay :mrgreen: ,Kirain motor rusak, ternyata dikasih tau ama temen kalo aki motor cuma soak, ya sudahlah, besoknya ke ahass sambil ganti aki, wedehh,,, 160 ribu mahal juga yak

Tapi penyebab aki motor soak apa aja sih? nih saya kutip langsung dari pakar Aki KOBOYS cap Wonogiri

ada banyak penyebab rusaknya aki baik aki basah maupun kering

1. terminal ( + ) dan ( – ) di satukan, ya jelas konslet, paling meledak ( jangan dicoba 😯 )
2. penambahan aksesori tambahan yang haus daya seperti TOA dan peralatan ALAY lainya
3. perangkat keslitrikan motor sepeti kabel2 ada yang konslet, spull pengisian lemah dan kiprok lemah
4. tidak pernah dipakai ( motornya didiemin berbulan-bulan ), akinya lama-lama bakal soak
5. faktor lingkungan, misalnya didaerah panas, maka juga akan berpengaruh terhadap kesehatan si aki
6. kalau aki basah, mungkin karena air aki kebanyakan maupun kehabisan alias kering,,,..
7. kualitas aki yang memang buruk
8. faktor untung-untungan, kalau dapet aki bagus ya awet, kalo nggak bagus ya soak , biasanya sih QC pabrik ketat, kadi MITOS untung2an bisa diabaikan, seperti yang ditulis om mitra
9. takdir, hmmm, susah kalo gini
10. Tampang << Mutlak*

Nah, Saya sendiri baru tau kalo penyebab aki rusak itu begitu, monggo kalo ada koreksi atau pingin nambahin 😀

MnM – pic from KOBOYS

* hanya karangan saya 😳

Iklan
Kategori:Tips n Trick Tag:
  1. 20 Juni 2012 pukul 1:02 AM

    TAMPANG?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????/
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/20/berapa-sih-kecepatan-internetmu/

  2. 20 Juni 2012 pukul 5:27 AM

    Penyebab aki soak “Takdir” SUKA This!

    • 20 Juni 2012 pukul 9:19 AM

      itu kata2 ane gan, jadi malu 😀

  3. Aa Ikhwan
    20 Juni 2012 pukul 6:34 AM

    Sip ajib.. Nice share

  4. wasisimmortal
    20 Juni 2012 pukul 8:14 AM

    y mungkin kalau bisa pake kick starter ngapain pake electric,hehe

  5. 20 Juni 2012 pukul 9:56 AM

    10. Tampang << Mutlak* < —-wakakakakak.. :mrgreen:

  6. 20 Juni 2012 pukul 10:19 AM
  7. 20 Juni 2012 pukul 4:06 PM

    penyebab aki soak bisa saja terjadi karena switch lampu rem depan bermasalah. jadi nyala terus tanpa tuas rem ditekan.

  8. 21 Juni 2012 pukul 4:56 PM

    @jomblis
    ngapain sih ngaku2 :mrgreen:

    @wasisimmor
    wakakakak, electric donk bro, canggih 😀

    @hadi
    udah pernah kok begitu 😀

    • mohan
      15 September 2012 pukul 11:11 AM

      bro…lam kenal sblum nya…mtor ane nouvo…kemarin baru beli aki yang ukuran 7 amper….pas udah di pasang eh mlah CDI nya kena…itu kenapa yah….tlong bantuan nya bro

  9. 30 Oktober 2012 pukul 9:36 PM

    krmarin dah ganti batrey dah bisa stater tapi esok harinya malah ga bisa sama sekali. kira kira apanya yang rusak????????

  10. Faisal
    11 Mei 2013 pukul 10:45 PM

    Aki kering,mtor baru 16 bulan.pas mau dikontak,lampu spdometer mati eh ga bsa starter,apanya y

  11. ifan49
    28 Mei 2013 pukul 12:12 PM

    klo aki motor qu. baru sminggu sduh harus disetrum ulang. kira2 apa ya solusinya ya?

  12. Muhamad ikbal sanjaya
    7 Agustus 2013 pukul 6:06 PM

    Aki saya basah nii bang.

    Tpi motr sering ngeberebet,setiap mingu sekali saya saya nyetrum aki trus apa penyebab nii bang.?

  13. 5 Desember 2014 pukul 9:36 AM

    bro apa penyebab mio sul batrai sering soak

  14. 5 Desember 2014 pukul 9:40 AM

    mio sul batrai nya sering soak

  15. Daniel
    29 Januari 2015 pukul 9:02 PM

    Aki rusak bsa krn beberapa hal:
    1. Konslet:
    cek kabel – kabelnya.
    2. Kiproknya:
    pegang kiprok ketika motor menyala, klo anget brrti normal.
    3. Cek soket aki:
    Kadang kotor bisa dengan amplas ato obeng minus.
    4. Beban listrik:
    Pemakaian perangkat” yg nyedot aki bnyk.
    5. Cairan aki kurang:
    Dapat diliat digaris batas air aki.

    Hal terahir apabila aki kendaraan ente soak dan emank uda umur minta ganti jgn langsung ganti! Pake cara serbuk bodrexx, bodrex digerus campurin aja, diamkan selama 3menit, kemudian bru nyalakan kendaraan anda. Namun cara ini hanya dpt dipakai 1x saja krn senyawa aki dipancing dengan bodrex akan rusak dlm kurun wktu – + 4minggu saja.
    Ini pengalaman ane pke Pzzo yg gak da stater kicknya

  16. 5 Juli 2015 pukul 2:10 PM

    Cara memperbaiki aki kering sebenarnya juga bisa dilakukan, namun belum bisa menjamin daya tahan sebaik aki kering baru. Nice share. Thanks to admin.

  17. 13 Juli 2015 pukul 7:07 PM

    Aki kering sebenarnya masih bisa di perbaiki kok gan.

  18. Yuni ningsihh
    26 Maret 2018 pukul 11:10 PM

    Motor sya beli feb thun 2016. Lho ko bru 2 thun bisa rusak….kenapa ya..mahal juga beli rp236k…..
    Padahal bunyi klakson masih keras lho….

  1. No trackbacks yet.

Komen gak Komen tetap Thank you

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: