Iklan
Beranda > Mio, Skutik, Yamaha > Tips Membuat Yamaha Mio Lebih Irit

Tips Membuat Yamaha Mio Lebih Irit

Halo bro semua… mio lagi… mio lagi… matic lagi dah…, kali ini ada beberapa tips yang saya dapatkan dari beberapa sumber yang bilang udah berhasil membuat irit mio diatas rata-rata… yupz, ni dia…

Tapi bagi bro semua yang ingin menambahkan, silahkan karena tulisan ini adalah permintaan teman saya yang menggunakan mio sporty 07 (Motornya Thole juga, xixixi :mrgreen: )

1. Dengan menurunkan Pilot jet dan Main Jet (PJ dan MJ)
PJ menurut Istilah bengkelnya adalah spuyer langsam, Melayani  semprotan putaran rendah, Kurang dari ¼ putaran gas. dan MJ disebut spuyer bensin. Angka atau nomornya tercantum di bibir luar diameter lubang. Tugasnya mengabutkan putaran tinggi. Bekerja dari ¼ pelintiran gas sampai full.

Maksut dari hal tersebut adalah, PJ & MJ diganti dengan yang baru dan nomernya lebih kecil, misalnya, main jet pakai punya Kawak Kaze, dan PJ pakai punya Kharisma, Supra atau F1ZR.

2. Mengatur Settingan Karbu.

Bisa dengan menaikan jarum karburator satu tingkat sehingga lebih irit, meskipun jadi agak letoy nantinya…

3. CDI BRT

Mengingkatkan power mesin sekaligus ngirit bensin, lewat mengatur ulang timing pengapian. umumnya dibikin lebih maju dari timing standartnya caranya yaitu ganti otak pengapian dengan CDI BRT atau tipe racing lainya, dari hasil test, penerapan langkah ini terbukti mengefisiensikan pemakaian BBM hingga 15%
4. Pakai busi denso iridium.

Yaitu dengan membuat suhu mesin tetap ideal,Gunanya kalo misalnya mesin atau suhu udara sekitar masih dalam keadaan dingin. Untuk mengatasinya dianjurkan memakai busi yang lebih panas dari standar. Misalnya anda biasa memakai busi denso ND24, turunkan menjadi DN22. dengan demikian, tidak membutuhkan waktu lama bagi motor untuk menuju suhu kerja optimalnya.

Sering-sering merawat busi dapat memperpanjang umur bensin. juga harus sering dibersihkan agar pengabutan lebih sempurna.

5. Alat penghemat BBM
Yaa,,, nggak haram sih kalau mau menggunakan alat penghemat BBM macam:
-power FX
-femax
-ring bensin
-dan sebagainya
sebab berdasarkan hasil riset, alat-alat itu memang terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

Tolong ditambahkan bro kalo ada salah atau kurang lengkap, Silahkan kritik, saran dan komentarnya…

Semoga bermanfaat – Mercon Motors (MnM)

Iklan
Kategori:Mio, Skutik, Yamaha
  1. az147r
    10 Juni 2010 pukul 9:45 AM

    haha…motorx thole toh huahaha…

  2. 10 Juni 2010 pukul 10:08 AM

    Diet ketat buat rider, bisa biqin mio irit 😀

  3. 10 Juni 2010 pukul 12:42 PM

    kalo motornya thole ada di link ini…

    le, numpang majang motormu disini yach :mrgreen:

  4. 10 Juni 2010 pukul 5:43 PM
  5. 10 Juni 2010 pukul 5:46 PM

    oh iya..di forumnya otomotif.net pernah nguji busi std vs racing…hasilnya sami mawon…ada datanya lagi…tapi sorry linknya lupa. judulnya perbandingan 5 busi….
    jadi beli busi std aja..10ribu…kagak muter2 juga nyarinya. busi racing biasanya cepet mati (berdasar pengalaman) tapi kalo yang high performance awet..soale lebih ke endurance!!

  6. 10 Juni 2010 pukul 6:33 PM

    @martini
    iya sih, kalo standar juga bagus, soalnya kalo dengan tips diatas bisa keluar duit ampe 300 ribu… udah termasuk bea ganti nya sama mekanik… 😳

  7. 10 Juni 2010 pukul 9:59 PM
  8. Lalu cyril
    10 Juni 2010 pukul 10:55 PM

    Di uji coba dong bos.. Bikin mio ngalahin iritnya vario nya mas triatmono yg bisa 45km/lt(kurang lebih lho ya..lupa persisnya). Rekorku pake mio cuman 36km/lt dipakai bandung-jatinangor.

  9. 10 Juni 2010 pukul 11:06 PM

    Lalu cyril :

    Di uji coba dong bos.. Bikin mio ngalahin iritnya vario nya mas triatmono yg bisa 45km/lt(kurang lebih lho ya..lupa persisnya). Rekorku pake mio cuman 36km/lt dipakai bandung-jatinangor.

    yup, bisa lah bro… ntar saya saranin resep diatas sama temen saya.. :mrgreen:

  10. 10 Juni 2010 pukul 11:15 PM

    tu motor sering gue bawa jogja-solo (mojogedang) jarak sekitar 100km, ntaak isi premium 10rb, masih sisa dikit.. 🙂

    *bobot rider 63kilo+54kilo(boncenger) irit to?? 🙂

    trakhir kmrn ntaak bawa jogja-cilacap (boncengan juga) jarak kira-kira 200km, ntaak isi premium 20rb, irit to?? 🙂

    • 23 Januari 2014 pukul 2:44 PM

      mnta no tlpn sama alamat bengkel donk om tole makasih ya

    • nopajah
      13 Mei 2015 pukul 12:27 PM

      Sekarang 10 ribu udah gk nympe solo bos 😀
      PP 35.000 😦

  11. karismanis
    10 Juni 2010 pukul 11:41 PM

    tenane kang thole? mblayu piro? *sulit dpercaya :mrgreen:

    • arbai_punk2yahoo.com
      14 Februari 2012 pukul 12:26 AM

      caranya gmna bos..mio pnyaku pling 1lter 25klo

  12. 11 Juni 2010 pukul 6:25 AM

    @thole,
    kalo motornya thole masih percaya bisa irit segitu, soalnya berdasarkan fakta, kalo ban makin gede biasanya menghambat laju sampai 8% trus mio sporty 07 juga bisa irit 1 ltr/40 – 43, tergantung cara pemakaian… :mrgreen:

  13. 11 Juni 2010 pukul 12:50 PM

    ya biasa kalo perjalanan jauh kan biasa maen di rpm atas, gas konstan 80-90kph, irit to..

    *80-90kph di ring 17 sama aza 100-105kph di ring 14

  14. 11 Juni 2010 pukul 3:54 PM

    kalo dipakai untuk medan yg banyakan nanjaknya yah ttp aja boros mas bro…xixixix
    ane pernah pakai mio dari Ungaran turun ke Semarang…karena jalan datar dan banyak turunannya…jadi irit bner….kalo diadu ama Supra berani dah irit2an…tapi pas pulangnya..jiahh…langsung res seketika….ketika sampai di SPBU Ungaran…xixix :mrgreen:

  15. 11 Juni 2010 pukul 6:29 PM

    @thole
    apaan tu ring-ringan?

    @asmarantaka
    iya, secara kalo nanjak tenaga yang dibutuhkan bisa mencapai 1,5 sampai 2 kali lipat jalan datar…

  16. pemain baru
    25 Juni 2010 pukul 12:39 AM

    @thole
    padahal mojogedang dalane munggah mudun…wah saluttt

  17. Rikudo
    7 Agustus 2010 pukul 7:37 PM

    Hm.. mio w buat harian 1lt = 40-45km… tergantung kondisi diperjalanan… 🙂

  18. Dedy
    24 September 2010 pukul 10:16 PM

    Mas bro.gw mau nanya atau siapa saja yg bs jwb. Gw pny mio thn 08.dengan ukuran spuye pj40/ mj110. Knp klu di bw jln serasa nahan seperti di rem.bhkn klu di tmbh gas nya bs ilang tenaga nya.mhn petuah nya dr sohib2 smua..
    Tanks….

  19. afif
    22 Desember 2010 pukul 5:22 PM

    kalo karbu mio pake pilot jet dari F1ZR mana bisa bos,F1ZR karbu Mikuni sedang Mio pake keihin yang jelas bisa tu pake pyae karisma ato kaze.sedikit masukan kalo mio standart langsung aja majukan timing pengapian dimagnet kira2 1mm dengan cara “sepi” pengganjal magnet digerinda sudah cukup buat mio irit dan tarikan tetap sipppp

    • Simon
      11 Desember 2014 pukul 3:59 PM

      Mz, saya pengguna Mio 2010, dengan mengganti PJ(kharisma) dan MJ(KAze), itu ada efek samping negatifnya gk ya bang? tks

    • setiawan
      2 Desember 2016 pukul 5:54 AM

      waaaah pengalamn bos afif kayanya bisa dicoba nih…

  20. 26 April 2011 pukul 2:28 PM

    belok tanpa riting,sorry mas bro2…mw jaul ban nih 2nd ninja 250 blkng 130/70/17 ma ban cbr blkang 100/80/17 smua kondisi mtor trun dr dealer lngsung mampir ke toko ban n dgnti soo jd ban bawaan mau ane jual..,500 aje mas bro bleh nego tipis jaa…,masih da bulu2nya jg banya..klo buat gnti pasti trlihat ban baru,pokoke ok bnget..ma knalpot cbr 150 merk CID 1bln pake 750aje..hub 083867214868..loksi jogja

  21. 26 April 2011 pukul 8:01 PM

    @thole
    yap, emang termasuk irit, ada faktor motormu yang enteng juga yaa

    @asmarantaka
    ya kalo misalnya medannya sama kan juga lebih irit supra, cuma mungkin sama iritnya dengan supra di jalan datar

    @Dedy
    kalo saya gak begitu paham, coba tanya ke azizyhoree.wordpress.com

    @afif
    sip, thanks bro udah sharing

    @aan bokken
    wah, sip lah,,, hayo bro semuaa,,, nih ada yang nawarin ban, kenapa gak coba ke kaskus bro?? sekalian dipajang gambarnya??

  22. riky
    7 Oktober 2011 pukul 1:49 PM

    Numpang nanya gan.
    Saya punya mio thn 08.
    Msh jg boroz.
    Pj40mio punya.
    Mj100mio punya jg.
    Apa yg bgs di ganti gan.

  23. 17 November 2011 pukul 3:00 PM

    mantap gan..ne perlu dicoba

  24. 27 Januari 2012 pukul 5:40 PM

    tips bgi sya agar mio bsa lbh irit tp khsus prjlnan jauh:
    *saat kta mlai mlaju,tu kta gas 2x dgn tarikan agk kencang,
    *jgn mainin gas saat mtor keaadn jln.

  25. bobotoh
    28 Januari 2012 pukul 12:53 PM

    apakah ada efek negatifnya mengganti PJ dan MJ?????

  26. jhuan
    29 Januari 2012 pukul 5:49 PM

    boss sya mo tnyx g’mna cra mmbuat mio laju dan irit

  27. 22 Februari 2012 pukul 9:18 AM

    kalau knlpot sudah di ganti yank racing berpengaruh gk bos

  28. WwW
    24 April 2012 pukul 3:52 PM

    MONYET GW GANGERTI

  29. 12 Mei 2012 pukul 2:17 AM

    yang pasti mio itu motor y boros. tp tergantung cara mengendaranya. kalau bawaan dari dealer sih dengan perjalanan 40km/jam normalnya memakan bensin 1 ltr.

  30. 25 Juli 2012 pukul 11:22 AM

    wah,,,
    motor mio aku sangat boros…
    ada yang bisa beri solusi gak???
    thanx before

  31. 12 Agustus 2012 pukul 11:21 PM

    bang thole,ngerti bengkel di solo yg ngerti seluk beluk yamaha mio?biar g ribet… sekalian alamtnya y bang… hehe maturnuwun…

  32. jojok
    22 Agustus 2012 pukul 6:59 PM

    Pas dah

  33. 28 Januari 2013 pukul 10:00 AM

    motor ane udah ganti pilot jet tapi main jetnya gak diganti..tapi kalau pas rpm rendah kayak nembak kabanyakan angin.irit sih ok..tapi pengaruh gak kemesin.tolong dong di ser lagi

  34. 15 April 2013 pukul 1:40 PM

    yakin nih bisa pake mj – pj punya keaze dan karisma ?? ane coba nih,, tapi ngaruh sama kecepatan ga?

  35. Rezky Saputra
    28 Oktober 2013 pukul 3:08 AM

    naikin jarum karbu di mio gimana caranya? emangnya bisa? ente kira mio itu supra fit bisa naikin jarum karbu? ada2 aja nih tulisan, makanya tulisan itu yang orisinil, jangan copy paste

  36. 23 Januari 2014 pukul 2:41 PM

    om tole ane mnta no telpon ya donk plus alamat ente b engkel ya

  37. joko
    17 Februari 2014 pukul 10:15 PM

    aku pnya mio 08 gmn cara biar ngirit ya……

  38. 11 Juni 2014 pukul 10:14 AM

    mantap gan,tetapi jika pakai itu semua kira2 memakan uang berapa rupiah bwt modif c mio thx

  39. Simon
    11 Desember 2014 pukul 10:49 AM

    Dengan mengganti PJ punya Kharisma dan MJ punya KAZE, itu kira2 ada efek smping negatif`nya gak yaa Bang? Mohon infonya. Terimakasih.

  40. Simon
    11 Desember 2014 pukul 2:25 PM

    Saya pengguna Mio 2010,supaya irit, Dengan mengganti PJ punya Kharisma dan MJ punya KAZE, itu kira2 ada efek smping negatif`nya gak yaa Bang? Mohon infonya. Terimakasih.

  41. 14 Maret 2015 pukul 1:30 PM

    ane punya mio 2007 boros pingin irit gimana y.

  42. petsop
    31 Mei 2015 pukul 9:02 AM

    Mau Irit kencang ?
    Pake seheri mio xb 53,5
    CDI BRT
    Spuyer pj sama mj nya standar aja
    oia jangan lupa bensin pertamax ya

    Note : jangan pernah naikin pj sama mj sembarangan yg ada motor makin boros dan gak lari.

  43. putra
    19 Juni 2015 pukul 10:16 PM

    mio ku boros

  44. Irman
    31 Mei 2016 pukul 8:50 PM

    Alhamdulillaah punyaku masih tergolong irit: 3(ltr) =123 km,irit toooo

  45. mas yoyo
    28 Juli 2016 pukul 2:44 PM

    apa jarum skep mio bisa di setel mas…kan ngak ada setelanya

  46. setiawan
    2 Desember 2016 pukul 5:45 AM

    konsumsi bensin mio sporty tu berapa standartnya brow

  47. 16 April 2017 pukul 10:49 AM

    Waduh saya bener2 kewalahan dengan mio sporty ane masa jalan gak ada 30 KM bensin habisnya 4 liter apa ini normal

  1. No trackbacks yet.

Komen gak Komen tetap Thank you

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: