SEO Tips: Menghadapi Algoritma Mobile Friendly Google (Mobilegeddon)

google mobilegeddon
Halo bro semua 😀 , Google webmaster pada tanggal 21 April 2015 lalu memperkenalkan update terbaru algoritma mesin pencarian yang intinya adalah ‘membasmi’ website-website yang tidak mobile friendly atau yang biasa disebut sebagai ‘Responsive’ dari tingkat utama mesin pencari mereka.
Fakta dari sifat update ini ada 3 yaitu

  1. Hanya berefek pada rangking pencarian ketika menggunakan perangkat mobile
  2. Berefek ke seluruh bahasa secara global
  3. Hanya berefek pada per halaman saja, tidak ke seluruh website.

Nah, kemungkinan besar ini karena Google menyadari bahwa pengguna internet mobile yang semakin meningkat, baik itu Smartphone maupun tablet di segala ukuran… ya emang gitu sih… 🙄
otomercon.com mobile friendly

Tips Bertahan Menghadapi Algoritma Mobile Friendly Google Ini.

Algoritma ini disebut sebagai mobilegeddon (entah siapa yang pertama kali menyebutkan, padahal Google gak menyebut itu secara resmi), langkah pertama adalah mengecek nya langsung via tools pengecek mobile friendy dari webmaster, tinggal masukkan URL dan Analisis.
Kalo yang muncul adalah seperti ini: “Mengagumkan! Laman ini mobile-friendly” dan terlihat gambar seperti web otomercon ini di gambar diatas, berarti sudah oke tuh… gak perlu oprak oprek lagi. Tapi kalo yang muncul tanda silang dan tulisan merah, berarti ya….
Tips pertama adalah mengubah theme alias tampilan blog, biasanya secara keseluruhan dan menggunakan theme yang responsif, kalo di WordPress.com ini coba ke menu Wp-admin > Appearance > Mobile lalu “Yes” kan opsi Enable Mobile Theme. Simpel kan! 😉
MnM

Leave a Reply

%d bloggers like this: